Niat Puasa Ayyamul Bidh 13 Rajab 2024: Arab, Latin, Terjemahan

Artikel ini, dibuat dengan menggunakan Chat GPT. Untuk mengetahui dan meminta informasi Promptnya, bisa menghubungi kontak saya di 6281325080606 atau email di warungkudigital2@gmail.com / admin@warungcreative.com
Niat Puasa Ayyamul Bidh 13 Rajab 2024 Arab, Latin, Terjemahan

Umat Islam bersiap untuk menunaikan puasa Ayyamul Bidh pada bulan Rajab 2024, yang dimulai besok, Kamis (25/1/2024) dan bertepatan dengan tanggal 13 Rajab 2024 M/1445 H. Puasa Ayyamul Bidh di bulan Rajab, bulan yang dianggap suci, memiliki keutamaan tersendiri. Beribadah di bulan haram ini dijanjikan mendapatkan pahala berlipat ganda.

Puasa Ayyamul Bidh sendiri memiliki keutamaan khusus, di mana pahalanya dianggap setara dengan puasa sepanjang tahun. Sebagaimana disampaikan dalam hadis, "Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun." (HR. Bukhari no. 1979).

Bagi yang akan melaksanakan puasa Ayyamul Bidh pada 13 Rajab 2024, berikut bacaan niatnya:

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lilâhi ta'âlâ.

Artinya: "Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah) karena Allah Ta'ala."

Niat ini dapat diucapkan dalam hati dan disunahkan untuk diucapkan melalui lisan. Niat dapat dibacakan mulai dari malam hari hingga siang hari sebelum masuk waktu zawal (matahari mulai tergelincir ke barat).

Selain niat, berikut tata cara puasa Ayyamul Bidh pada 13 Rajab 2024:

Niat karena Allah Ta'ala: Setiap ibadah dimulai dengan niat, yang cukup dinyatakan di dalam hati tanpa perlu diucapkan.

Makan Sahur: Makan sahur disunnahkan untuk mendapatkan berkah, sebagaimana disampaikan oleh Rasulullah SAW.

Melaksanakan Puasa: Puasa dimulai setelah sahur, menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal yang dapat membatalkan puasa, dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Menjaga Diri selama Berpuasa: Hindari hal-hal yang dapat membatalkan atau mengurangi pahala puasa, seperti ghibah (bergosip) dan kata-kata kasar.

Memperbanyak Amal Saleh: Manfaatkan waktu selama berpuasa untuk melakukan amal saleh, seperti mendirikan salat sunah, membaca Al-Qur'an, dan bersedekah.

Menyegerakan Berbuka: Disunnahkan untuk berbuka puasa di awal waktu setelah mendengar adzan maghrib.

Membaca Doa Buka Puasa: Setelah berbuka, disunnahkan untuk membaca doa buka puasa yang sesuai sunnah.

Demikianlah informasi mengenai niat puasa Ayyamul Bidh pada 13 Rajab 2024. Semoga bermanfaat bagi yang akan melaksanakannya. Mari amalkan dengan penuh keikhlasan dan ketaatan kepada Allah SWT. Dapatkan informasi menarik dari Today Muslimah!

0 Comments

Posting Komentar