Apa itu Kata Kunci dan Bagaimana Cara Membuat Artikel Dengan Optimasi Kata Kunci!

Apa itu Kata Kunci dan Bagaimana Cara Membuat Artikel Dengan Optimasi Kata Kunci!

Apa itu kata kunci? Kamu bingung dan pengen tahu jawabannya? Sebenarnya, kalau dilihat dari sisi pembaca, Untuk menjawab secara sederhana, apa itu kata kunci. Jawabanya adalah, kata-kata yang kita gunakan untuk mencari sesuatu di Google.

Jadi, secara sederhana. Kata Kunci adalah sebuah kata yang terdiri dari satu atau dua bahkan lebih dari 3-4 kata yang biasanya kita gunakan untuk mencari sesuatu di Google. Jadi, misalkan kamu, sedang ingin mencari tentang "Apa itu Orang Utan" Maka, kata Apa itu orang utan, adalah kata kunci. 

Lalu, untuk kita sebagai penulis. Apakah sudut pandangnya sama? Jelas sama, malah seharusnya kita sebagai penulis, ketika mencari kata kunci atau riset kata kunci itu, posisikan sebagai pembaca yah. Jangan penulis. Baru setelah dalam proses penulisan, kamu bisa memposisikan diri kamu sebagai penulis.

Bagaimana, sudah cukup jelas yah. Tentang pengertian dari Apa itu kata Kunci. Sekarang, saya akan sedikit memberikan arahan untuk kamu tentang bagaimana cara optimasi artikel dengan menggunakan kata kunci.

Cara Membuat Artikel Dengan Optimasi Kata Kunci!

Untuk menjalankan cara ini, pastikan kamu sudah memiliki kata kunci yang ingin kamu targetkan. Kalau belum, dan bingung bagaimana cara riset kata kunci. Kamu bisa melihat rekomendasi video tutorial cara riset keyword disini.
Sebenarnya, cara membuat artikel itu mudah. Kamu tinggal cari sumber artikel yang ingin kamu tulis. Lalu, tuliskan ulang artikel itu dengan gaya bahasa kamu sendiri.

Tapi, pertanyaanya. Apakah artikel kamu sudah memiliki kekuatan dari sisi optimasi SEO-nya? Terutama, optimasi SEO dengan mengoptimalkan penggunaan kata kunci didalam artikel. Kalau belum, berikut dibawah ini adalah cara membuat artikel dengan optimasi kata kunci.

Jangan Lupa Untuk Menambahkan Kata Kunci Fokus ke judul SEO.

Untuk memulai menulis artikel dengan mengoptimasinya menggunakan kata kunci adalah, kamu bisa menambahkan kata kunci didalam judul artikel yang ingin kamu buat. 

Sebagai contoh, jika kata kunci kamu adalah "APK Penghasil Uang" Maka judul artikel yang nanti akan kamu buat, harus mengandung kata kunci tersebut. Seperti terlihat seperti ini : " 10 Rekomendasi APK Penghasil Uang Yang Terbukti Membayar!"

Yang harus kamu perhatikan kemudian, adalah relevansi konten artikel kamu dengan judul artikel yang kamu buat. Misalnya, jika judul artikel yang kamu buat, seperti contoh diatas. Yaitu 10 Rekomendasi APK Penghasil uang, maka artikel yang harus kamu buat nantinya ya membahas tentang 10 rekomendasi APK penghasil uang tadi. 

Tambahkan Kata Kunci Fokus ke Deskripsi Meta SEO Anda.

Meta Deskripsi itu, kalau kita tidak isi. Sebenarnya otomatis menggunakan paragraf pertama dari artikel kita. Tapi, jika kamu ingin custom meta deskripsi. Pastikan kamu memasukan kata kunci yang kamu targetkan kedalam meta deskripsi.

Atau, kalau kamu orang yang terlalu malas untuk membuat meta deskripsi. Pastikan di paragraf pembuka artikel kamu, mengandung kata kunci.  Kalau kamu perhatikan, kata kunci yang saya targetkan, yaitu Apa itu kata kunci. Sudah ada di dalam judul artikel dan juga paragraf pertama.
 

Gunakan Kata Kunci Fokus di URL.

Proses ini, sebenarnya optional saja. Karena, kalau kamu menempatkan kata kunci didalam judul. Kata kunci yang sama juga akan muncul didalam url atau permalink artikel kamu. Kalau kamu perhatikan, di url artikel yang kamu buat, akan terlihat seperti ini

https://www/websitekamu/judul-artikel-yang-mengandung-kata-kunci

Nah, biasanya kan. Kamu membuat judul artikel yang panjang. Dan menurut banyak orang yang lebih paham SEO, permalink atau url yang pendek itu, lebih disukai oleh mesin mencari. Maka dari itu, kamu bisa menganti url artikel kamu yang panjang, dengan menggunakan kata kunci yang kamu targetkan. Contohnya, dibawah ini.

Sebelum diganti permalinknya :  https://www/websitekamu/judul-artikel-yang-mengandung-kata-kunci

Setelah diganti permalinknya, menggunakan kata kunci : htttps://www.websitekamu/kata-kunci

Bagaimana caranya menganti Permalink? Untuk pengguna Wordpress, bisa langsung save draft artikel yang kalian buat, lalu pilih sunting dan ganti url artikel kamu dengan menggunakan kata kunci yang kamu targetkan.

Untuk pengguna Blogger, pilihanya ada disebelah kanan editor. ada menu Permalink, nantinya, secara default, url ada di opsi Permalink Otomatis, kalau kamu ingin edit permalinknya, kamu bisa pilih opsi Permalink Khusus dan kemudian ganti permalinknya menggunakan kata kunci yang kamu targetkan.

Gunakan Kata Kunci Fokus di awal konten Anda.

Nah, seperti yang saya sampaikan sebelumnya. Kata kunci yang kamu targetkan, harus ada di awal paragraf konten artikel kamu. Fungsinya apa saja? Banyak sih, dan menurut para ahli SEO yang lebih paham, katanya Google itu merayapi konten kamu dan mencari relevansi konten kamu dengan pencarian pengguna, mulai dari awal konten.

Jadi, kalau artikel kamu tidak memiliki relevansi yang kuat diawal pembuka artikel dengan pencarian pengguna, maka google akan menyamping website kamu dan mengabaikan konten yang kamu buat.

Gunakan Kata Kunci Fokus dalam subjudul seperti H2, H3, H4, dll.

Buat kamu pengguna wordpress dan menggunakan plugin Rankmath untuk membantu optimasi SEOnya, mungkin sudah tidak asing dengan perintah untuk memasukan kata kunci didalam subjudul, H2,H3,H4 dan lain-lainnya, manfaatnya apa sih?

Kalau dari yang saya baca, sekilas manfaat dari penggunaan kata kunci didalam heading tag itu adalah untuk memudahkan mesin pencari mengenali relevansi konten kita dengan pencarian dari pengguna.

The importance of headers for search engine optimisation is twofold. Firstly, as we have mentioned, Google and other search engines may use them as a ranking factor. These are used as descriptors for your content, and Google will match it with relevant searches, so you appear in the right results.

Readability is essential to capture user interest. This is also a ranking factor with Google. A well-written copy will improve the user experience, and Google wants to deliver quality results to its audience, so the search engine will favour quality over thin copy. This includes the headers. 
Suppose your copy is well-structured on your business website, with headings and subheadings properly dividing up the copy and acting as signposts for people to discover what they are looking for. In that case, SEO will favour your site in the search results. So you essentially get two bites of the cherry, with Google looking at the content and the readability when ranking your site.  Sumber : Edge Online

Jadi, penggunaan kata kunci didalam heading tag itu lumayan penting dan bermanfaat juga yah untuk ranking website kita di web master. Jangan lupa untuk menambahkan kata kunci di heading tag artikel kamu yah, tapi pastikan kamu menggunakanya dengan baik dan tidak berlebihan. Agar pembaca nyaman dan memudahkan untuk mengerti artikel yang kamu tulis.

Sebarkan Kata Kunci Fokus dalam konten.

Selanjutnya, kamu bisa menyebarkan kata kunci yang kamu targetkan, baik kata kunci utama, ataupun kata kunci turunannya. Tapi, kamu harus hari-hati disini. Karena terlalu banyak menyebarkan kata kunci didalam artikel juga tidak baik. 

Kalau nggak salah, ada namanya density Keyword. Koreksi, kalau saya salah yah. Untuk pembahasan tentang Density Keyword ini, mungkin akan saya bahas dalam artikel berbeda, karena menarik banget untuk dibahas loh.

Oke, sekian dulu artikel dari saya tentang Apa itu Kata Kunci dan Bagaimana Cara Membuat Artikel Dengan Optimasi Kata Kunci! Semoga membantu kamu saat mencari artikel yang kamu butuhkan yah! Jika ada penjelasan saya ada yang salah, yuk diskusikan lebih lanjut di kolom komentar!

0 Comments

Posting Komentar