Apa itu Komunitas dan Apa Manfaatnya Untuk Bisnis?

Apa itu Komunitas dan Apa Manfaatnya Untuk Bisnis?


Selamat malam, dan terimakasih sudah berkunjung! Artikel tentang apa itu komunitas dan apa manfaatnya untuk bisnis ini, saya buat berdasarkan apa yang saya rasakan. Jadi mungkin tidak terlalu relevan dengan kamu yang sedang membaca atau bisa jadi sangat relevan.

Jadi, ketika selesai membaca artikel ini. Diharapkan kamu bisa mengambil nilai-nilai yang bermanfaat dan mengabaikan hal-hal yang kurang bermanfaat. Atau lebih baik lagi, kalau kamu menyampaikan apa-apa saja yang menurut kamu keliru dalam artikel ini. Agar kedepannya, saya bisa lebih baik lagi dalam menulis artikel.

Oke, kembali lagi tentang apa itu komunitas. Menurut saya pribadi, komunitas adalah sebuah tempat dimana orang-orang berkumpul dengan minat yang sama dan membagikan atau berkomunikasi membahas hal-hal yang berkaitan.

Seperti misalnya, sebuah komunitas Wordpress. Maka didalamnya pasti banyak orang yang memiliki minat yang sama, yaitu pengembangan Wordpress. Nah, dari sekian banyak orang yang ada didalam komunitas itu, sangat dipastikan sekali bahwa banyak orang-orang yang sangat berpengalaman.

Dari situ, kita mengambil banyak sekali pelajaran tentang ilmu-ilmu yang lainnya yang mungkin kita belum ketahui saat ini.

Artikel ini ditulis manual, sesuai dengan pengalaman saya kalau kamu tertarik untuk memesan jasa artikel dan jasa pembuatan website dari saya, bisa langsung menghubungi saya di :

Facebook : Waroeng Digital
Email : admin@warungcretive.com
Gmail : warungkudigital2@gmail.com

Whatsapp : +62 813-2508-0606

Seperti dalam pengalaman saya baru-baru ini bergabung dengan sebuah komunitas Wordpress Bogor. Walaupun saya orang Cirebon, tapi diterima dengan baik didalam komunitas itu. Dari situ, saya banyak sekali mempelajari hal yang tidak saya ketahui sebelumnya.

Baru-baru ini, saya disadarkan tentang hal Brand Awarness. Dimana apa yang saya lakukan selama ini, untuk membangun branding ternyata salah besar. Selama ini, saya selalu membangun branding saya sebagai orang yang memiliki jasa dan menawarkan jasa.

Dan itu, benar-benar salah besar! Saya disadarkan oleh salah satu anggota di komunitas itu dan mengatakan bahwa untuk membangun branding itu, bukanlah seperti itu. Saya lalu dijelaskan bagaimana caranya membangun branding yang tepat.

Menurut salah satu anggota di Komunita Wordpress Bogor. Untuk membangun branding itu, membutuhkan konsistensi yang kuat. Agar orang-orang bisa mengenal siapa kita dan apa yang kita capai dalam semua usaha yang kita lakukan.

Dalam pernyataan lainnya, bahayanya salah melakukan branding bisa berakibat pada salahnya presepsi orang atau pandangan orang terhadap kita. Seperti misalnya, mungkin tujuan kita menjalankan sebuah personal branding itu, adalah untuk mengenalkan produk yang kita tawarkan sekaligus memperkenalkan nama usaha kita.

Tapi, karena yang kita tampilkan itu hanya produk-produknya saja. Tanpa ada usaha memberikan informasi selain promo dan produk. Kita akan dikenal sebagai orang yang tukang promo, bukan orang yang memiliki pengaruh atau daya tarik khusus.

Dikatakan juga, bahwa goals dari Personal Branding itu adalah, terkenalnya kita sebagai apa. Bukan terkenalnya kita yang biasanya apa.  Yang saya pahami, seperti itu. Jadi kalau kita bisa mengimbangi antara promosi dan membagikan informasi. Kita akan dikenal sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Tapi, kalau kita hanya membagikan promosi dan tidak membagikan hal lainnya. Kemungkinan besar kita hanya akan dikenal sebagai orang yang menaawarkan prodak dan bukan pelaku usaha yang memproduksi produk tersebut.

Nah, dari artikel ini. Saya ingin menyampaikan bahwa, segala sesuatunya tidak bisa dilakukan sendiri. Untuk bisa membangun sesuatu yang bersifat publik atau umum. Kita tetap membutuhkan orang lain untuk bertukar fikiran.

Dan mungkin, apapun yang kita lakukan untuk diri sendiri pun. Masih membutuhkan orang lain. Apalagi untuk membangun sebuah bisnis. Maka saya nyatakan bahwa membangun bisnis tanpa dibarengi dengan mengikuti komunitas atau rembung rakyat kemungkinan bisnis yang akan dijalankan, tidak akan berhasil.

Sekian pengalaman saya tentang Apa itu Komunitas dan Apa Manfaatnya untuk Bisnis, semoga pengalaman saya ini bisa menjadi hal mencerahkan kamu juga yang membacanya.

0 Comments

Posting Komentar