Apa itu Golden Keyword dan Bagaimana Cara riset golden keyword

 

Artikel ini, dibuat untuk menjawab pertanyaan dari Member Group di Whatsapp, tentang Apa itu Golden Keyword. Jika kurang jelas informasinya, bisa langsung hubungi saya di : +62 813-2508-0606 / Warung Creative Digital

 

Beberapa hari ini, banyak sekali pertanyaan yang muncul di Group Whatsapp Blogger dan akhirnya sedikit mengelitik rasa penasaran saya. Salah satunya adalah pertanyaan tentang Apa itu Golden Keyword.

Lalu, apa itu sebenarnya Golden Keyword? Dalam definisi umum, sebenarnya Golden Keyword tidak memiliki arti. Namun jika ditelisik lebih jauh lagi, Golden Keyword ternyata ada dan terangkum dalam beberapa konteks , diantaranya adalah

  • Pemasaran Digital
  • Optimasi SEO

Masing-masing memiliki pengertianya sendiri tentang apa itu Golden Keyword, berikut dibawah ini adalah pengerian dari Golden Keyword.

Pengertian Golden Keyword Menurut Konteks Pemasaran Digital

Pemasaran Digital, atau mungkin kita akrab menyebutnya toko online. Mengartikan bahwa Golden Keyword merupakan kata kunci yang bernilai tinggi untuk sebuah bisnis atau situs website. Golden Keyword yang ada didalam konteks pemasaran ini, harus memenuhi syarat, agar bisa disebut Golden Keyword, yaitu :

  • Memiliki Traffik yang tinggi atau intensitas pencarian yang tinggi
  • Persainganya rendah

 Dengan pengertian tersebut, jika kita menggunakan Golden Keyword, kemungkinan besar website kita akan mudah untuk mencapai peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

Pengertian Golden Keyword Menurut Optimasi SEO

Sementara, menurut Konteks Optimasi SEO. Golden Keyword diartikan sebagai sebuah kata kunci yang bisa menghasilkan traffic organic yang besar untuk website. Kata kunci Golden Keyword menurut Konteks SEO, harus memenuhi syarat, agar bisa disebut Golden Keyword, seperti :

  • Memiliki Volume pencarian yang tinggi
  • Relevan dengan isi situs website
  • Persaingan rendah

Jadi, dalam konteks Optimasi SEO, sebuah kata kunci tidak bisa disebut Golden Keyword jika tidak relevan dengan situs website yang kamu kelola.

Misalnya sebagai contoh, jika kamu menemukan kata kunci yang memiliki volume pencarian yang tinggi, dan tingkat persainganya rendah tapi kata kunci itu tidak relevan dengan website kamu.

Contoh kata kuncinya adalah “Cara memasak Nasi Goreng” dan ternyata website kamu membahas tentang Otomotif, Maka tidak bisa dikatakan Golden Keyword untuk website kamu. Walaupun dalam prakteknya, banyak situs website yang menargetkan kata kunci yang tidak relevan dengan website mereka.

Cаrа Rіѕеt Kаtа Kunсі Golden Kеуwоrd

Nah, setelah kamu mengetahui banyak tentang pengeritan dari Golden Keyword. Kamu tetarik untuk menggunakan Golden Keyword sebagai media menaikan traffic website kamu, tapi masih bingung gimana cara riset kata kunci golden keyword? Tenang aja! Kamu bisa mempelajari caranya berikut ini.

Langkah pertama untuk Rіѕеt Kаtа Kunсі Golden Kеуwоrd

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan, adalah dengan membuka aplikasi riset keyword favorite kamu. Kamu bisa menggunakan Keyword Planner dari Google Ads, atau bisa mengikuti saya dengan membuka Ubbersuggest.

Setelah membuka Ubbersuggest, kamu bisa langsung login dengan email, kalau belum memiliki akunya, kamu bisa buat akun terlebih dahulu, disini.

Setelah itu, kamu akan melihat tampilan halaman utama dari Ubbersugget, seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Apa itu Golden Keyword dan Bagaimana Cara riset golden keyword


Langkah Kedua Riset Kata Kunci Golden Keyword

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan, adalah. Dengan memilih menu “Keyword Research” Kemudian pilih “Keyword Ideas” Setelah itu, kamu akan melihat halaman untuk memasukan kata kunci yang ingin kamu riset.

Kamu bisa mengetikan kata kunci apapun, dalam contoh ini saya akan mengetikan “Jasa Aspal Jalan” Untuk lebih detailnya, kamu bisa melihat gambarnya dibawah ini.

Apa itu Golden Keyword dan Bagaimana Cara riset golden keyword

Apa itu Golden Keyword dan Bagaimana Cara riset golden keyword

Apa itu Golden Keyword dan Bagaimana Cara riset golden keyword

Apa itu Golden Keyword dan Bagaimana Cara riset golden keyword


Oke, pada gambar yang sudah kamu lihat itu. Kamu bisa melihat bahwa Kata kunci Jasa Aspal jalan memiliki volume pencarian, sebesar 1,900. Oke, kamu simpan dulu angka itu. Kita akan lanjut ke langkah selanjutnya.

Langkah Ketiga

Setelah kamu mengetahui, kata kunci yang kamu targetkan memiliki volume pencariannya. Dalam hal ini contohnya adalah Jasa Aspal jalan, dengan besar volume 1,900.

Selanjutnya, adalah masuk ke Google dan cek Allintittle untuk keyword yang kamu targetkan itu, berapa. Dalam contoh ini, Allintittlenya, adalah sebesar 2.230, seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Apa itu Golden Keyword dan Bagaimana Cara riset golden keyword

Setelah ketemu, kamu bisa menggunakan rumus dibawah ini.

Volume pencarian : Allintittle 

hasil dari pembagian itu, akan menunjukan apakah kata kunci itu, Golden Keyword atau bukan. Cara lihatnya darimana?

Cara lihatnya adalah dari nilai hasil pembagian itu, semakin kecil hasilnya, semakin kecil pula persainganya maka kata kunci itu, bisa dibilang Golden Keyword.

Dari contoh diatas, apakah kata kunci Jasa Aspal Jalan adalah Golden Keyword? Untuk mengetahuinya, berarti kita harus menggunakan rumusnya, yaitu

1.900 : 2.230 = 0.85

Nah, dari hasil pembagian tersebut. Bisa dibilang kalau Jasa Aspal Jalan ini, termasuk Golden Keyword. Dimana persainganya, menurut rumus yang digunakan hanya sekitar 0.85 saja.

Contoh lain, jika kita mencari kata kunci lainnya. Semisal “Resep Ayam Goreng” Dengan asumsi bahwa kata kunci itu, memiliki Volume pencarian, sebesar 27.100 dan Allintittlenya sekitar 179.000. Jika kita bagikan, maka menghasilkan nilai 6,60 yang berarti kata kunci resep ayam goreng ini, bukanlah golden keyword.

Nah, bagaimana? Sudah sedikit mengerti tentang apa itu Golden Keyword dan bagaiman cara mencarinya? Sekian dulu artikel dari saya tentang Apa itu Golden Keyword dan Bagaimana Cara riset golden keyword. Semoga bisa membantu kamu, saat mencari informasi yah!

0 Comments

Posting Komentar