Tips Memaksimal Chat GPT Agar bisa Merangking di Google! (Gratis Tanpa Harus Beli Prompt)

 Halo, Assalamualaikum! Salam hangat dari saya!

Beberapa hari ini, saya dikejutkan dengan hadirnya orang-orang yang menjual prompt Chat GPT! Kenapa saya kaget? Karena saya merasa, membuat prompt Chat GPT itu, adalah hal yang mudah dan tidak perlu keahlian khusus.

Tidak seperti membuat program komputer, atau mungkin website yang memang membutuhkan keahlian khusus untuk membuatnya. Tapi, untuk prompt atau perintah Chat GPT, saya rasa semua orang harusnya bisa membuatnya dan gratis.

Tips Memaksimal Chat GPT Agar bisa Merangking di Google! (Gratis Tanpa Harus Beli Prompt)

Hal lain, kenapa saya merasa prompt Chat GPT gratis, adalah. Tidak ada jaminan kalau prompt yang dijual itu, menghasilkan kualitas konten yang sama. Karena, setiap hasil generate dari Chat GPT itu, random banget loh! Nggak percaya, coba kalian praktikan dengan menggunakan prompt yang terlanjut kalian beli.

Nah, dalam artikel ini. Khusus sekali dalam artikel ini, saya akan membagikan sedikit pengetahuan saya tentang Promt Chat GPT. Agar kalian semua nggak terjerumus dan membeli prompt Chat GPT yang beredar di Facebook dan media sosial lainnya.

Apa itu Prompt Chat GPT

Oke, pertama kita bahas dulu nih, Apa sih, prompt Chat GPT itu? Sederhananya, Prompt adalah perintah yang kita berikan ke Chat GPT. Perintahnya itu bebas. Kamu bisa meminta apapun ke Chat GPT (Asal tidak mengarah ke hal-hal berbahaya)

Seperti yang saya katakan, Chat GPT, bisa memberikan bantuan untuk kita, menyesuaikan Prompt yang kita berikan. Apa aja sih yang bisa Chat GPT bantu untuk kita? Banyak! Berikut dibawah ini adalah list apa saja yang bisa Chat GPT bantu untuk kita.

Yang pertama Chat GPT bisa membantu kamu menjawab pertanyaan umum, seperti sejarah, teknologi, ilmu pengetahuan dan masih banyak lainnya. 

Yang kedua, kalau kamu sekarang sedang dalam masa sekolah atau kuliah, Chat GPT bisa membantu kamu untuk memberikan ide dan bisa juga menjelaskan kepada kamu tentang pelajaran-pelajaran yang kamu tidak pahami di sekolah.

Yang ketiga, ini mungkin yang paling disukai oleh para blogger. Yaitu, Chat GPT mampu menulis dan mengedit. Jadi, dengan menggunakan Chat GPT, kamu bisa generate konten dengan lebih cepat dan lebih bisa dibaca oleh manusia, dibandingkan menggunakan Spinner.

Kita berhenti disini dulu dan bahas lebih mendalam tentang point Chat GPT mampu membantu kamu untuk generate artikel dan membuatkan kamu artikel dalam waktu yang relatif cepat. Bagaimana caranya? dan apakah Chat GPT bisa digunakan untuk merangking di Google? Yuk, kita bahas bareng-bareng!

Tips Memaksimal Chat GPT Agar bisa Merangking di Google! (Gratis Tanpa Harus Beli Prompt)

Manfaat dari Chat GPT itu, sebenarnya banyak sekali. Tidak hanya bisa digunakan untuk generate konten. Tapi, karena kita akan berfokus pada Tips Memaksimal Chat GPT Agar bisa Merangking di Google! (Gratis Tanpa Harus Beli Prompt) jadi kita abaikan terlebih dahulu manfaat yang lainnya. 

Kalau kamu tertarik dengan pembahasan tentang Chat GPT ini, kamu bisa membaca artikel saya lainnya yang akan saya buat khusus untuk topik Chat GPT, disini

Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Memaksimalkan Chat GPT

Oke, sekarang bagaimana sih cara dan Tips Memaksimal Chat GPT? Sebenarnya, caranya mudah. Tapi ada satu hal yang harus kamu perhatikan, agar bisa memaksimalkan Chat GPT dan mendobrak website kamu untuk merangking di Google.

Apa  hal yang harus kamu perhatikan? hal yang harus kamu pahami sekali, untuk bisa memaksimalkan Chat GPT adalah, dengan memahami dasar SEO Untuk kamu yang belum mengetahui dasar SEO itu, apa saja. Kamu bisa melihatnya dibawah ini.

Keyword research / Riset Keyword

Sebelum bisa memaksimalkan Chat GPT, seperti yang saya katakan. Kamu harus paham dulu dasar SEO, nah, salah satu dasar SEO adalah Riset Keyword. Apa itu Riset Keyword? Riset Keyword adalah aktifitas untuk menemukan atau mencari kata kunci yang relevan untuk website kamu.

Untuk pembahasan tentang riset keyword ini, mungkin akan saya bahas secara terpisah, karena masih banyak cabang-cabang lainnya yang berkaitan dengan riset kata kunci.

On-page optimization

Lalu, ada onpage Optimization. On Page Optimization ini, merupakan aktifitas untuk mengoptimalkan website kamu, agar bisa lebih dikenali oleh mesin pencari. Seperti misalnya, menambahkan tag judul, meta deksripsi, tag header dan penggunaan kata kunci yang relevan dengan website kamu.

Sama seperti Riset Kata Kunci, pembahasan tentang Onpage Optimzation ini akan saya bahas lebih dalam, di artikel terpisah.

Off-page optimization

Lalu ada namanya Off page Optimization. Dimana off page optimization, adalah aktifitas yang dilakukan di luar website kamu. Off page optimzation ini, biasa juga disebut juga sebagai backlink building. Dimana website kamu, ada di website orang lain.

Untuk membangun backlink building atau off page optimazation ini. Kamu bisa memulainya dengan menawarkan Guest Post, kepada blog-blog yang memiliki relevansi tinggi dengan website yang kamu miliki.

Konten berkualitas

Dasar terakhir dari SEO adalah konten yang berkualitas. Jadi, jika kamu ingin website kamu lebih mudah tampil di pencarian Google, selain memaksimalkan optimasi off page. Kamu juga harus bisa membuat konten yang berkualitas.
Saya tidak mengatakan, apa yang akan saya sampaikan ini adalah dasar SEO sesugungguhnya. Tapi, apa yang saya praktekan selama ini, saat membangun website, cukup bisa menaikan website saya ke atas pencarian Google. 

Jadi, jika kamu merasa dasar SEO yang saya sampaikan ini, tidak relevan. Kamu bisa menyampaikan kesalahan saya di kolom komentar yah, dan mari kita berdikusi. 

Tips dan Cara Memaksimal Chat GPT

Oke, sekarang kamu mungkin sudah tahu sedikit tentang dasar SEO. Sekarang saya akan memberikan kamu tips untuk memaksimalkan Chat GPT, agar bisa membantu kamu menaikan website dan merangking website kamu di Google.

Riset Keyword

Hal pertama yang harus kamu lakukan, sebelum bisa memaksimalkan Chat GPT untuk merangking di Google, adalah riset keyword. Bagaimana caranya? Nanti akan saya bahas dalam artikel terpisah! Tapi, sementara ini, kamu bisa mencari keyword tertentu di Google Trends

Pastikan Kamu Sudah Paham Dasar Penulisan Artikel SEO

Kalau kamu sudah paham, kamu bisa melewatkan bagian ini. Tapi, kalau kamu masih belajar dan belum tau struktur artikel SEO itu, seperti apa. Kamu bisa melihat struktur artikel seo yang saya pelajari dari plugin SEO Rankmath, dibawah ini.

Memasukan kata kunci didalam Judul Artikel

Menurut Rankmath, struktur artikel SEO yang baik, adalah dengan menambahkan kata kunci kedalam judul artikel kamu. Jadi, jika artikel kamu menggunakan kata kunci " Wisata Bahari" Maka didalam judul artikel kamu, harus mengandung kata "Wisata Bahari".

Memasukan Kata Kunci di Meta Deksripsi Artikel

Rankmath, biasanya akan meminta kita untuk memasukan kata kunci didalam meta deskripsi artikel. Jika kita tidak memasukan kata kunci di awal paragraf pembuka artikel. Tapi, jika kita memasukan kata kunci di awal paragraf, kita tidak perlu memasukan meta deskripsi lagi.

Gunakan Kata Kunci Fokus di URL

Dasar artikel SEO selanjutnya adalah, memasukan kata kunci di dalam URL atau permalink. Kenapa harus seperti itu? Kita akan bahas secara khusus tentang permalink dan kata kunci ini, dalam artikel terpisah! Tunggu saja updatenya, yah!

Gunakan Kata Kunci Fokus dalam konten.

Terakhir, dasar artikel SEO yang harus kamu pahami adalah, minimal jumlah kata yang harus kamu tulis dalam sebuah artikel. Menurut Rankmath, minimal jumlah kata yang harus kamu buat dalam sebuah artikel adalah 600 kata.

Buat Prompt Sedetail dan Sebaik Mungkin

Oke, setelah kamu menemukan kata kunci yang menurut kamu cocok dan relevan dengan website kamu juga memiliki persaingan yang cukup baik. Kamu bisa mulai membuat prompt Chat GPT yang bisa merangking website kamu di Google.

Dengan cara membuat prompt sedetail dan sebaik mungkin. Saya rasa, setelah kamu memahami dan mengerti sedikit tentang dasar SEO, kamu bisa membuat Prompt terbaik untuk blog kamu kan. Kalau kamu masih bingung bagaimana cara buatnya, kamu bisa melihat prompt yang biasa saya gunakan, dibawah ini.

Saya ingin kamu menjadi seorang penulis SEO Expert, yang tahu dan memahami tentang penulisan artikel SEO yang baik dan benar. Setelah itu, saya akan meminta bantuan kamu untuk membuat artikel dengan kata kunci fokus "Kata Kuncinya disini", dan artikel yang akan kamu buat nanti, harus sesuai spesifikasi yang saya butuhkan, seperti :

  1. Artikel yang dibuat harus sepanjang 600 kata.
  2. Kamu harus menggunakanbahasa yang santai, untuk anak muda.
  3. Didalam artikel, kamu juga harus menggunakan kata ganti, kamu.
  4. Pastikan kamu memasukan Kata Kuncididalam Deskripsi Meta SEO Artikel.
  5. Kamu juga harus memastikan Kata Kunci Fokus  muncul di awal konten.
  6. Pastikan kamu, memasukan Kata Kunci di dalam konten.
  7. Kata kunci fokus harus ditemukan dalam subjudul seperti H2, H3, H4, dll.
Untuk bahan artikel yang harus kamu buat, kamu bisa melihatnya dibawah ini.

(Sample Artikel/ Refrensi Artikelnya Disini)

Keterangan Prompt :


Saya ingin kamu menjadi seorang penulis SEO Expert, yang tahu dan memahami tentang penulisan artikel SEO yang baik dan benar
( Perintah ini, agar Chat GPT menyesuaikan diri dengan menjadi seorang penulis SEO Expert)

Setelah itu, saya akan meminta bantuan kamu untuk membuat artikel dengan kata kunci fokus "Kata Kuncinya disini", 
(Perintah ini, agar chat GPT membuat artikel, sesuai dengan kata kunci yang kita berikan)

Dan artikel yang akan kamu buat nanti, harus sesuai spesifikasi yang saya butuhkan, seperti :
(Perintah ini, digunakan agar Chat GPT membuat artikel sesuai dengan spesifikasi yang kita inginkan.)

Keterangan Prompt Spesifikasi Artikel 

  1. Artikel yang dibuat harus sepanjang 600 kata.
    ( Prompt ini, bisa membantu kita untuk mendapatkan jumlah kata yang di inginkan. Walaupun tidak pernah sesuai ekspektasi, tapi biasanya jumlah katanya mendekati dari yang kita inginkan.)

  2. Kamu harus menggunakan bahasa yang santai, untuk anak muda sekitar umur 20-30 Tahun.
    (Prompt ini, digunakan untuk menyesuaikan gaya bahasa yang akan digunakan oleh Chat GPT, dalam membuat artikel. Kamu bisa menyesuaikannya, tergantung kebutuhan kamu.

  3. Didalam artikel, kamu juga harus menggunakan kata ganti, kamu.
    (Prompt ini juga digunakan untuk menyesuaikan kata ganti/kata panggilan untuk pembaca artikel kamu. Secara default Chat GPT akan menuliskan "Anda" Jadi, jika kamu ingin menyesuaikan dengan kata ganti lainnya, kamu bisa memberikan prompt ini.)

  4. Pastikan kamu memasukan Kata Kunci didalam Deskripsi Meta SEO Artikel.
    (Prompt ini, digunakan untuk memastikan, Chat GPT memasukan Kata Kunci, atau membuat meta deskripsi yang sesuai dengan kata kunci yang kamu inginkan.

  5. Kamu juga harus memastikan Kata Kunci Fokus  muncul di awal konten.
    (Prompt ini, digunakan untuk memastikan Chat GPT memasukan Kata Kunci di awal konten artikel kamu)

  6. Pastikan kamu, memasukan Kata Kunci di dalam konten.
    (Sementara untuk Prompt ini, digunakan untuk memastikan Chat GPT menyebarkan kata kunci didalam konten artikel yang dibuat, jadi kamu tidak perlu repot lagi.)

  7. Kata kunci fokus harus ditemukan dalam subjudul seperti H2, H3, H4, dll.
    (Prompt yang terakhir, digunakan untuk memastikan kata kunci yang kita berikan ada di bagian sub judul)

Untuk bagian Prompt terakhir, yaitu
" Untuk bahan artikel yang harus kamu buat, kamu bisa melihatnya dibawah ini."
Itu digunakan untuk memastikan Chat GPT hanya mengambil informasi dari artikel yang kita jadikan refrensi saja. Jadi, meminimalkan false information yang dibuat oleh Chat GPT.

Nah, sepertinya sudah cukup yah! Kamu penasaran hasil generate Chat GPT dari Prompt yang saya bagikan? Kamu bisa melihat contohnya, di sini

Sekian dari saya, dan Wassalamualaikum! 

Jangan beli Prompt lagi yah, udah sih buat aja sendiri!


0 Comments

Posting Komentar